Kamis, 13 Februari 2014

7 MAHASISWA UMB PESERTA STUDENT EXCHANGE

7 MAHASISWA UMB PESERTA STUDENT EXCHANGE DI UNIVERSITI SAINS MALAYSIA PENANG TERLIBAT DALAM PROGRAM MOTIVASI PEMBELAJARAN DI FELDA SOEHARTO SELANGOR MALAYSIA

7 mahasiswa peserta Student Exchange ke Universiti Sains Malaysia (USM) Penang Malaysia, yang terdiri dari Muthia Rahayu dan Andi Panjoloi Bate (FIKOM) serta Nia Rizqi Fauziah, Firda Apriliani, Rahmi Ramadhani, Yoga Rahman dan Moch. Angga Saputra (FEB) telah kembali ke Jakarta, setelah satu semester mengikuti perkuliahan di USM, 31 Agustus 2013 sampai 17 Januari 2014.

            Sepulangnya, para mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa sistem pendidikan di USM sangat disiplin, mahasiswa harus belajar dengan sungguh-sungguh agar tidak tertinggal dengan yang lain. Dalam sistem perkuliahan di USM, satu mata kuliah dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas besar dan kelas tutorial. Dimana pada saat kelas besar dosen lebih banyak menjelaskan, para mahasiswa dilarang bertanya, harus mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dosen dengan baik dan serius. Pada kelas ini, dosen memberikan tugas untuk di kelas tutorial. Sedangkan saat kelas tutorial, para mahasiswa baru diberi kesempatan untuk banyak bertanya kepada dosen dan tidak jarang dosen juga memberikan tugas pada kelas ini.

Mereka juga menjelaskan bahwa sistem pengisian jawaban ujian di USM minimal 3 halaman yang terdiri dari latar belakang, isi atau inti dari jawaban dan kesimpulan. Ini tentu membuat mereka harus belajar dengan serius dan sungguh-sungguh agar mendapat nilai yang baik dan memuaskan.

Selama disana, banyak event yang dilakukan oleh para mahasiswa UMB tersebut yaitu Event Indonesia Culture Night (ICN), dimana para mahasiswa UMB menunjukkan kebolehan seperti Fashion Show, Tari Saman dan Tari Tor-tor.

Program lain yang wajib diikuti adalah keterlibatan mahasiswa student exchange  dalam program motivasi pembelajaran di Kampung Soeharto Selangor. Kampung Soeharto adalah sebuah wilayah yang diberi nama Soeharto, sesuai dengan nama mantan Presiden RI kedua (alm). Dalam program tersebut, mahasiswa berkesempatan untuk terlibat dalam program motivasi pembelajaran bagi peserta sekolah menengah atas. Tentu hal ini sangat mendukung terbentuknya semangat kerjasama antara mahasiswa dan murid sekolah, agar mereka memiliki wawasan positif kedepannya.  

Selain itu terlibat dalam acara Matra Buana, sebuah acara tahunan yang dibuat oleh USM, bekerjasama dengan beberapa pejabat di Penang, dilaksanakan di luar pulau  Penang dan mereka juga diikutsertakan dalam acara Musta (Musyawarah Tahunan).

Banyak yang dipelajari oleh mahasiswa UMB dari para mahasiswa USM dimana mahasiswa-mahasiswa USM itu memiliki sifat sangat disiplin, sangat pekerja keras, sangat serius saat belajar dan takut pada dosen. Terbukti saat dikelas dan saat dosen sedang menjelaskan tidak ada mahasiswa yang berisik atau tidak memperhatikan, walaupun dalam satu kelas itu diisi oleh hampir ratusan mahasiswa.

Banyak pula pengalaman yang di dapat oleh para mahasiswa UMB tersebut dimana mereka menjadi mandiri, disiplin dan bertanggungjawab. Harapan mereka, kedepan para mahasiswa UMB yang lain, juga dapat mengikuti jejak mereka untuk ikut dalam program student exchange agar mendapat pengalaman yang beragam. Selain untuk memperluas wawasan, memperbanyak networking, karena yang menjalani pendidikan di USM juga ada yang berasal dari negara-negara lain seperti Korea, Jepang, China, Taiwan. Sekaligus  melatih mental, menjadikan mereka mandiri dan bertanggung jawab pada diri sendiri. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / www.mercubuana.ac.id / humas@mercubuana.ac.id / fb.humasmercubuana / @humas.mercubuana ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar